Ajang baru bagi pemuda Arab yang membawa harapan

oleh Ramakant Vempati dan Justin Sykes

23 Maret 2012

Doha, Qatar – Dunia Arab sekarang dihuni oleh jutaan anak muda yang berharap, berencana dan berhasrat untuk bekerja. Dengan adanya lebih dari 100 juta anak muda yang berumur antara 15 dan 29, yang mewakili 30 persen total penduduk, kawasan ini menghadapi “ledakan anak muda” yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kenyataan ini telah membawa banyak tantangan soal pengangguran anak muda – namun ini juga bisa dipandang sebagai kesempatan untuk mendorong perubahan positif yang digerakkan anak muda, yang menggunakan jejaring sosial dan teknologi untuk memberi pengaruh yang sangat diperlukan.

Kini, tidak ada cukup pekerjaan untuk anak muda yang memasuki pasar kerja di kawasan. Pekerjaan sektor publik bukan lagi sebuah jaminan bagi para lulusan, dan sektor swasta tidak bisa tumbuh dengan cepat. Misalnya, di Mesir, 600.000 anak muda masuk bursa kerja setiap tahunnya, namun hanya sekitar 250,000 yang mendapatkan pekerjaan.

Hasilnya: jutaan pemuda terpaksa menghidupi diri sendiri dengan berwirausaha, kendati penghasilannya kecil. Bagi banyak wirausahawan mikro ini – yang memiliki usaha milik sendiri yang sangat kecil – satu-satunya kendala untuk menaikkan penghasilan yang cukup untuk nafkah hidup menjadi bisnis yang berkelanjutan dan berkembang adalah kurangnya modal yang terjangkau dan dapat diandalkan. Namun, terlalu banyak lembaga keuangan yang melihat anak muda sebagai risiko bila mereka meminjam uang.

Mungkin saatnya bagi yang lain mengisi celah ini.

Meskipun anak-anak muda Arab mungkin masih sedang mencari pekerjaan, mereka tentu sudahbisa menyuarakan pandangan mereka. Kemajuan teknologi sepertiinternet, telepon genggam dan media sosial telah memberi anak muda perangkat yang membantu mereka membuat perubahan terjadi. Salah satu cara untuk menggerakkan perubahan adalah mendanai, mengikutsertakan dan mengangkat anak-anak muda yang tengah mencoba mencari penghidupan dengan usaha sendiri, dan menunjukkan bagaimana kita sebagai orang-orang di seluruh dunia bisa membantu menciptakan perubahan. Teknologi dan media sosial memainkan peran penting untuk mewujudkan hal ini.

Karenanya, dua organisasi — Silatech, penyedia bantuan usaha kecil bagi anak muda terbesar di kawasan Arab, dan Kiva, mimbar pinjaman mikro daring terbesar di dunia — telah bersama-sama menciptakan Kiva Arab Youth, sebuah mimbar daring yang menawarkan sebuah cara bagi orang-orang di seluruh dunia untuk membantu para wirausahawan muda Arab memulai atau mengembangkan bisnis mereka melalui pinjaman mikro kecil sebesar 25 dollar. Sebuah contoh bagaimana ini bisa berjalan adalah Shawgy, anak muda 26 tahun yang tinggal di Taiz, Yaman.

Ia tidak bisa kuliah dan memutuskan memulai usaha tokonya sendiri, yang telah ia jalankan selama empat tahun, untuk membantu membiayai keluarganya. Ia ingin meningkatkan penjualannya untuk memberi orang tuanya masa depan yang lebih cerah – namun untuk itu ia butuh membeli lebih banyak barang yang bisa memberi para pelanggannya lebih banyak pilihan. Ia kekurangan modal untuk melakukan ini sendiri, namun sedikit pinjaman memungkinkannya membeli lebih banyak produk dan meningkatkan penjualannya. Para pemberi pinjaman Kiva – orang-orang biasa di seluruh dunia – bisa memberi kontribusi kecil untuk menyediakan pinjaman bagi orang-orang seperti Shawgy di dunia Arab melalui mimbar daring Kiva, yang didukung oleh Silatech.

Namun, ini baru permulaan.

Ada peluang jelas dibentuknya mimbar daring bersama dalam bahasa Arab yang menghubungkan para lembaga amal, para pemberi pinjaman dan donor (di negara-negara Arab dan seluruh dunia) – yang mungkin bisa melibatkan zakat – untuk para muda-mudi wirausahawan dari kalangan lemah. Ada gerakan yang sedang tumbuh di Arab dan dunia Muslim untuk mengadakan bentuk-bentuk derma sosial yang lebih strategis dan membangun-kapasitas yang fokus pada dampak jangka panjang yang berkelanjutan.

Model-model derma berkelanjutan seperti “pinjaman dana bergulir” (yang dipinjamkan, dibayar dan dikembalikan ke pemberi pinjaman agar digunakan lagi untuk membantu lebih banyak orang), atau “investasi sosial” (yang mengarahkan perhatian investor ke proyek-proyek yang menghasilkan keuntungan sosial, dan bukannya murni keuntungan finansial), memberi sebuah peluang untuk menggunakan mimbar-mimbar teknologi ini untuk membuat derma lebih berdampak. Ini bisa diciptakan untuk anak muda, dan mungkin juga oleh anak muda.

Jika diterima luas oleh dunia Arab, prakarsa-prakarsa teknologi seperti ini bisa menggalang miliaran dolar dengan memfokuskan kembali aliran derma sosial yang ada sekarang. Berbagai forum seperti Kongres Filantropis Muslim Dunia (WCMP), sebuah jejaring global bagi orang-orang, yayasan-yayasan dan perusahaan-perusahaan yang memberikan derma sosial, menawarkan sebuah peluang penting untuk menampilkan solusi-solusi potensial yang lebih menjalin hubungan antara para donor dan penerima bantuan dan mendanai program-program yang memiliki dampak sosial positif.

Organisasi-organisasi seperti Silatech – melalui para pemangku kepentingan, sponsor dan mitra di Qatar dan tempat lain di kawasan Arab – memiliki peluang untuk menyulut diskusi semacam itu dan memengaruhi kebijakan dan pola pikir tentang pemanfaatan teknologi secara inovatif, serta bentuk-bentuk baru bantuan sosial.

Para pembentuk opini, wirausahawan sosial, tokoh agama dan orang berpengaruh lainnya yang ada di kawasan semestinya memberi dukungan terhadap prakarsa ini dan bentuk-bentuk aksi sosial berkelanjutan yang serupa.

###

* Ramakant Vempati ialah Penasihat Senior dan Justin Sykes ialah Manajer Inovasi Sosial di Silatech.

Artikel ini ditulis untuk Kantor Berita Common Ground (CGNews).

Sumber: Kantor Berita Common Ground (CGNews), 23 Maret 2012, www.commongroundnews.org. Telah memperoleh izin publikasi.


Warning: Duplicate entry '308982' for key 1 query: INSERT INTO crc_watchdog (uid, type, message, variables, severity, link, location, referer, hostname, timestamp) VALUES (0, 'php', '%message in %file on line %line.', 'a:4:{s:6:\"%error\";s:12:\"user warning\";s:8:\"%message\";s:455:\"Table './ceric_fisip_ui_ac_id/crc_accesslog' is marked as crashed and should be repaired\nquery: INSERT INTO crc_accesslog (title, path, url, hostname, uid, sid, timer, timestamp) values('Ajang baru bagi pemuda Arab yang membawa harapan | Center for Research on Intergroup Relation and Conflict Resolution', 'node/715', '', '54.81.195.240', 0, 'adba586082dc9afd4564ce795863f805', 229, 1511374046)\";s:5:\"%file\";s:75:\"/home/ceric-fisip.ui.ac.id/public_html/modules/statistics/statistics.module\";s:5:\"%line\";i:63;} in /home/ceric-fisip.ui.ac.id/public_html/includes/database.mysql.inc on line 135